Rabu, 13 November 2013

Penduduk Masyarakat Dan Kebudayaan - Ilmu Sosial Dasar

Penduduk Masyarakat Dan Kebudayaan


A.                    Pendahuluan

Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat ,medorong pertumbuhan aspek – aspek kehidupan yang meliputi aspek ekonomi, social, politik, kebudayaan dan sebagainya. Pemanfaatan dan pengembangan akal budi telah terungkap pada perkembangan kebudayaan ,baik kebudayaan rokhaniah maupun kebudayaan kebendaan.
Akibat dari perkembangan kebudayaan ini, telah mengubah cara berpikir manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupunya.

B.                  Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu factor yang penting dalam masalah sosisal ekonomi umumnya dan masalah penududk khususnya. Karena di samping berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk juga akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi suatu daerah atau Negara bahkan dunia.
     
      Misal : dengan bertambahnya penduduk berarti pula harus bertambah pula persediaan makanan ,perumahan, kesempatan kerja, jumlah gedung ,sekolah ,dsb.
     
Apabila pertmabahn penduduk tidak dapat diimbangi dengan pertambahan fasilitas di atas maka akan menimbulkan masalah masalah.

Adapun perkembangan jumlah penduduk dunia sejak tahun 1830 sampai sekarang dan perkiraan sampai tahun 2006 adalah sebagai berikut



C.          Migrasi

Aspek kehidupan kelompok dalam ruang ialah gerakan penduduk yang dinamai migrasi. Selain migrasi ada istilah lain tentang dinamika penduduk  yaitu mobilitas. Pengertian mobilitas lebih luas dari migrasi, sebab mobilitas mencakup perpindahan territorial secara permanen dan sementara. Sedangkan migrasi bila di kaitkan dengan unsur waktu di tempat yang baru misalnya minimal 6 bulan atau satu tahun