Selasa, 15 Oktober 2013

Ilmu Sosial Dasar - Bahaya NARKOBA Bagi Pelajar Yang Patut Di hindari


Bahaya Narkoba Bagi Pelajar yang Patut Dihindari


















Saat ini, telah banyak seruan untuk mewaspadai bahaya narkoba bagi pelajar. Selain karena zat berbahaya dan dampak negatif narkoba yang cukup besar, pelajar adalah generasi penerus bangsa yang harus dijauhkan dari zat-zat racun ini.

Pembahasan Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Narkoba adalah zat psikotropika, yakni zat yang bisa mempengaruhi sistem saraf tubuh sehingga akan mengganggu kinerja saraf dan mendatangkan gangguan mental atau kejiwaan pemakainya. Namun bahaya ini rupanya tidak dipedulikan para penggunanya, hal ini terbukti dari catatan kasus narkoba yang masih cukup banyak di Indonesia.
Pembahasan bahaya narkoba bagi pelajar bukannya berhenti. Malah semakin gencar. Seharusnya kalau satu pembahasan semakin gencar, ada efek signifikan dari upaya yang pantang surut itu. Tetapi ternyata untuk pembahasan bahaya narkoba bagi pelajar ini hasilnya memang berbeda. Pengaruh pemakai narkoba awal yang terlihat keren dan percaya diri cukup mempengaruhi pikiran para calon pemakai.
Mereka berpendapat bahwa kalau memakai narkoba itu sesekali saja, tidak akan memberikan efek yang membahayakan. Malah hal itu dipandang baik karena akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi dan terlihat begitu bergaya. Pergaulan yang mendukung gaya hidup seperti ini ternyata telah menyentuh para pelajar yang ada di Indonesia. Sialnya, adalah bahwa keadaan ini tak pandnag bulu. Tidak hanya di kota besar, di kota kecil nun jauh dari hiruk-pikuk peradaban modern pun ternyata telah terkena imbas narkoba.
Para pemakai yang berada nun jauh di pedalaman malah telah mampu menanam sendiri pohon ganja yang nantinya akan mereka konsumsi sendiri atau akan mereka jual. Hal ini semakin memberikan rasa miris kepada banyak kalangan. Seolah berpacu dengan denyut jantung, para penggerak pembahas bahaya narkoba bagi pelajar memang tak boleh surut dan menyerah. Apa pun tanggapan orang walau pun yang hadir dalam pembahasan itu hanya sedikit, pembahasan itu harus tetap dilakukan. Yakinlah bahwa satu orang yang menyadari bahaya narkoba bagi pelajar ini akan menjadi kader yang menyebarkan materi pembahasan itu kepada orang lain.
Semua pihak tidak boleh saling menyalahkan. Ini adalah perang semua lapisan masyarakat. Bahaya laten dari bahaya narkoba bagi pelajar ini sangat hebat. Generasi Indonesia bisa hancur. Adalah satu kegagalan luar biasa menyedihkannya bila masyarakat tak mampu menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba. Tak perlu meminta bantuan pemerintah, semua orang harus bergerak dan berusaha semaksimal mungkin menjadi penggerak dan pemberantas narkoba.
Tidaklah menjadi manusia yang hebat ketika tak mampu meninggalkan generasi yang bagus yang akan menjadi penerus cita-cita kehidupan dunia yang indah dan damai. Manusia adalah khalifah di Bumi. Oleh karena itulah, manusia berkewajiban membangun generasi yang kuat yang akan membuat bumi ini semakin nyaman ditinggali.
Pembahasan bahaya narkoba bagi pelajar bila perlu dimasukan ke dalam kurikulum dan dimasukan ke dalam dasar-dasar pendidikan di rumah. Hal ini akan membuat semua orang sadar bahwa mereka mempunyai tanggung jawab yang besar melindungi setiap jiwa yang ada dalam perlindungannya terhadap bahaya narkoba yang telah menjalar seperti virus yang tak ada obatnya kecuali keimanan yang teguh.



Bahaya Narkoba Bagi Pelajar dari Segi Kesehatan

Kondisi kejiwaan pelajar memang sangat rentan. Beban bealajar yang mereka miliki terkadang membuat jiwa mereka tak mampu menanggung semua tuntutan. Keadaan rumah dan orangtua yang juga terkena imbas stres memberikan kontribusi yang besar juga terhadap depresi yang dialami oelh para pelajar. Belum lagi para guru yang kehidupannya tak mendukung menjadi guru yang baik juga berdampak kepada keadaan kejiwaan anak didiknya.
Siklus kesedihan dan kesusahan hdiup itulah yang sering kali membuat pelajar terjatuh ke jurang pergaulan yang mendewakan narkoba. Walaupun sebenarnya para pelajar itu tahu betapa mengerikannya efek narkoba, pergaulan seolah menutup semua fakta itu dan mereka akhirnya terjerumus semakin dalam.
Pembahasan bahaya narkoba bagi pelajar memang telah menyertakan efek narkoba terhadap tubuh. Tetapi, untuk lebih memberikan masukan dan limpahan pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi pelajar itu, berikut ini adalah efek kesehatan yang akan dialami oleh pelajar yang mengkonsumsi narkoba.
·       Mempengaruhi dan merusak sistem saraf, karena narkoba bisa menekan atau bahkan meningkatkan kinerja saraf secara berlebih. Bila hal ini terus-menerus terjadi, saraf tentu akan rusak.
·       Dapat menyebabkan gangguan jantung. Bila narkoba terus-menerus dikonsumsi, bisa membuat pelajar beresiko tinggi terkena serangan jantung.
·       Gangguan kesehatan akibat narkoba juga bisa menyerang pembuluh darah tubuh. Hal ini memungkinkan tekanan darah pada seorang pelajar akan meningkat atau bahkan terjadi pecahnya pembuluh darah.
·       Penggunaan dalam dosis tinggi selama terus-menerus bisa merusak otak. Efek yang lebih rendah adalah gangguan daya ingat yang bisa mengganggu proses belajar.
·       Pelajar yang memakai narkoba biasanya selalu lemas karena tidak pernah beraktivitas secara rutin dan lebih suka bersantai karena di bawah pengaruh narkoba.
·       Mengalami gangguan reproduksi. Hal ini mungkin tidak akan dialami pelajar secara langsung, tapi akan dirasakan bila sudah dewasa.
·       Pelajar yang menggunakan narkoba beresiko tinggi terkena AIDS karena terjadi pergiliran jarum suntik.
·       Berat badan menurun drastis karena berkurangnya nafsu makan.

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar dari Segi Mental/Kejiwaan

Narkoba itu tak hanya menyerang tubuh dari segi fisik saja. Hal yang paling berbahaya adalah bahwa narkoba itu menyerang mental dan jiwa penggunanya. Serangan terhadap mental dna jiwa inilah yang akan membuat kehidupan itu hancur berkeping-keping. Bila tak segera mendapatkan pertolongan, para pecandu itu akan menjadi beban mora keluarga dan beban moral negara.
Efek yang sangat besar inilah yang membuat begitu banyak orang sangat berdedikasi memberikan penyuluhan dan bimbingan terhadap bahaya narkoba bagi pelajar. Berikut ini adalah efek dari narkoba terhadap mental dan jiwa.
·       Pelajar akan selalu gelisah dan depresi, terutama bila kebutuhannya akan narkoba tidak terpenuhi.
·       Menurunnya tingkat kesadaran dan susah memusatkan perhatian (pikiran selalu melayang-layang).
·       Berhalusinasi. Seorang pelajar yang memakai narkoba umumnya akan berbicara ngawur karena halusinasinya, misalnya merasa ada yang mengejar-ngejar atau melihat/mendengar/merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada.
·       Pelajar bisa lebih agresif dari biasanya (emosi tinggi), seperti mudah marah, mudah tersinggung, atau mudah sedih dan merasa terpuruk.

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar dari Segi Sosial

             Umumnya, pelajar pengguna narkoba akan menjadi penyendiri dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Tak hanya itu, ia pun bisa dijauhi oleh teman-teman bahkan keluarganya sendiri. Kalaupun ia sembuh dari ketergantungan narkoba, ia mungkin akan sulit mendapatkan kepercayaan orang lain.
Saat mereka sendiri dan merasa sendiri itulah yang membuat mereka semakin nekada dan semakin terporosok semakin dalam. Bahkan mereka bisa saja melakukan bunuh diri karena tidak tahan hidup sendiri dan menanggung cemoohan dari banyak orang. Bila hal ini telah terjadi, seharusnya memang ada orang yang dengan penuh cinta merangkul anak ini. Hanya cinta dan kasih sayanglah yang akan membuat anak yang telah terkena narkoba kembali menemukan makna hidupnya.
Mereka memang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Mereka akan merasa kuat dan akan merasa percaya diri lagi menghadapi hidup manakala mereka tahu dan sadar ada orang lain yang mengharapkan kehadirannya. Rasa disayang dan dicinta inilah yang yang akan menjauhkan anak-anak pelajar dari bahaya narkoba terkutuk.

Akibat Lain dari Narkoba

Bahaya narkoba bagi pelajar tidak hanya sebatas gangguan kesehatan atau mental, tapi juga mengakibatkan hal lain yang tentu sangat tidak diharapkan. Berikut ini contohnya, pertama, pelajar bisa terlibat kasus kriminal, karena penggunaan narkoba sangat dilarang di Indonesia. Kedua, selain itu narkoba bisa memicu pelajar untuk mencuri uang agar bisa membeli narkoba yang biasanya mahal. Baik pelajar maupun keluarganya bisa dikucilkan oleh masyarakat. Prestasi pelajar akan menurun atau malah akan dikeluarkan dari sekolah dan tidak punya kesempatan belajar.
Bahaya narkoba bagi pelajar yang telah disebutkan itu nyata adanya. Tidak harus menjadikan narkoba sebagai bahan uji coba. Narkoba itu sudah seperti Dajjal yang begitu mudah mempengaruhi orang untuk menyentuhnya. Siapa pun dari golongan mana pun, bisa saja terjangkiti nafsu untuk menyentuh narkoba. apalgi kalau uang mudah didapatkan dan bukan dari sumber yang halal.


Menurut saya solusi untuk mencegah penyalahgunaan narkoba adalah :

1.      Sebaiknya orang tua lebih bisa memerhatikan anaknya agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas
2.      Aparat kepolisian ,orang tua ,masyarakat ,dan pihak sekolah harus saling bekerja sama untuk mencegah pelajar menggunakan narkoba
3.      Pelajar sebaiknya harus  bisa memilih teman yang baik agar tidak terpengaruh kepada ajakan teman yang tidak benar
4.      Beri tahu kepada pelajar dampak dari penyalahgunaan narkoba